Jumat, 01 Agustus 2014

Kelebihan Calon Petahana

Ilustrasi calon petahana.

Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), calon petahana memiliki kepercayaan diri yang luar biasa dibandingkan calon pendatang baru. Kepercayaan diri tersebut ditopang oleh sejumlah kelebihan yang dimiliki. Berikut beberapa kelebihan calon petahana:

1. Lebih Populer

Kepala Daerah sering pula disebut sebagai orang nomor satu di daerah tersebut. Sebagai orang nomor satu, tentu menjadi obyek pemberitaan utama yang menghiasi ruang media massa.

Untuk melakukan sosialisasi kegiatan kepala daerah telah dialokasikan anggaran dalam APBD setiap tahun anggaran. Oleh sebab itu, setiap orang di daerah tersebut tentu tahu siapa pemimpin daerahnya.

2. Didukung Birokrasi

Kepala Daerah menguasai hampr 80 persen SKPD. Dengan kekuasaannya itu kepala daerah dapat mengatur program-program untuk meningkatkan citra politiknya.

Dengan kewenangan yang dimiliki, kepala daerah juga dapat mengatur posisi pejabat di daerah. Pejabat yang diangkat tentu orang yang dianggap dapat mengakomodir kepentingan politiknya.

Pejabat di daerah cukup didengarkan oleh masyarakat kelas bawah. Pilihan politik seorang pejabat masih menjadi referensi bagi sebagian masyarakat. Meski tidak terang-terangan menyatakan dukungan kepada calon petahana, tetapi dari sikap pejabat yang bersangkutan, masyarakt mengetahui ke mana arah dukungan politiknya.

3. Didukung Pengusaha

Kepala daerah punya kepentingan membangun komunikasi dan kerjasama dengan investor/pengusaha luar untuk memajukan pembagunan di daerah. Sebaliknya, investor punya kepentingan untuk mendapatkan kemudahan berinvestasi dan menjalankan usaha yang telah dibangun di daerah.

Pengusaha lokal yang telah bekerjasama dengan pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa biasanya akan mempertahankan calon petahana. Calon petahana dianggap terbukti dapat diajak kerjasama. Rasa saling percaya menjadi perekat hubungan pengusaha dengan calon petahana.

4. Hemat Biaya Politik

Selama calon petahana menjalankan tugas sebagai kepala daerah, selama itu pula yang bersangkutan melakukan investasi politik. Calon petahana memiliki program-program pembangunan melalui berbagai SKPD. Termasuk program bantuan sosial (Bansos) yang cukup ampuh untuk merebut simpati masyarakat.

Memang, apa yang dikerjakannya adalah semata-mata tugas dan kewajiban sebagai kepala daerah. Tetapi, oleh tim pemenangan dapat mencitrakan pekerjaan tersebut sebagai sebuah nilai-nilai sosial calon petahana.

Iklan politik adalah salah satu kegiatan yang sangat membutuhkan biaya tinggi bagi calon pendatang baru. Pengeluaran calon petahana relatif kecil, oleh karena: pertama calon petahana sudah cukup populer. Kedua, dalam setiap sosialisasi program-program SKPD biasanya kerap memasang foto kepala daerah. Calon petahana hanya mengeluarkan biaya untuk iklan politik beberapa bulan saja sejak masa cuti sampai selesai pemilihan.

5. Mudah Mendapat Dukungan Partai Koalisi

Salah satu syarat calon kepala daerah yang diusulkan partai politik adalah mendapatkan dukungan dari partai politik atau gabungan partai politik, minimal 15 persen kursi di DPRD atau suara sah. Calon petahana telah memiliki partai pengusung dalam pemilihan sebelumnya.

Tidak terlalu sulit bagi calon petahana untuk mendapatkan dukungan partai pendukung sebelumnya. Selama menjadi kepala daerah, calon petahana tentu telah membangun komunikasi politik dengan baik. Posisi tawar sebagai kepala daerah bahkan dapat menarik kembali dukungan dari partai-partai pengusung calon lain dalam pemilihan sebelumnya. Ketika maju kembali, calon petahana tinggal memperkuat ikatan politik.

6. Mudah Membangun Komunikasi Lintas Golongan

Posisi tawar sebagai kepala daerah memungkinkan calon petahana menjalin komunikasi dengan berbagai golongan kepentingan. Pada saat menjabat, calon petahana memiliki ruang yang sangat luas untuk meraih dukungan dari berbagai golongan.

Pada awal-awal menjabat, calon petahana dapat mengumpulkan tokoh masyarakat dan perwakilan berbagai organisasi kemasyarakatan untuk dimintai saran dan pendapatnya tetantang konsep pembangunan daerah. Komunikasi berikutnya biasanya akan mengarah pada bantuan kepala daerah untuk mendukung aktivitas berbagai kelompok tersebut.

Begitu kepala daerah tersebut maju lagi dalam pemilihan berikutnya, tinggal menyegarkan kembali komunikasi ke berbagai kelompok tadi.

Demikian beberapa kelebihan utama seorang calon kepala daerah petahana. Tentunya masih banyak kelebihan lain. Banyak pengamat politik yang mengatakan, bahwa seorang calon petahana telah memiliki modal dasar 50 persen kekuatan politik dibandingkan kekuatan yang dimiliki calon pendatang baru. [MK]

Ilustrasi : merdeka.com

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon