Jumat, 08 Agustus 2014

Integritas Modal Utama Seorang Politisi

Ilustrasi integritas.

Sebelum lebih jauh kita membahas integritas seorang politisi, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu arti kata integritas. 

Berdasarkan Kamus Besar Indonesia (KBI), integritas berarti: mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran.

Kemudian Kamus Kompetensi menjelaskan bahwa integritas adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukan ini. 

Dengan kata lain, “satunya kata dengan perbuatan”. Mengkomunikasikan maksud, ide dan perasaan secara terbuka, jujur dan langsung sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain.
Ada beberapa indikator untuk mengukur integritas seorang pemimpin, antara lain:

1. Memahami dan mengenali perilaku sesuai kode etik
  • Mengikuti kode etik profesi dan organisasi.
  • Jujur dalam menggunakan dan mengelola sumber daya di dalam lingkup atau otoritasnya.
  • Meluangkan waktu untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan itu tidak melanggar kode etik.

2. Melakukan tindakan yang konsisten dengan nilai (values) dan keyakinannya




  • Melakukan tindakan yang konsisten dengan nilai dan keyakinan.
  • Jujur dalam berhubungan dengan berbagai pihak.
  • Secara terbuka mengakui telah melakukan kesalahan.

Pertarungan di dunia politik adalah pertarungan opini. Untuk memenangkan pertarungan opini, banyak pihak yang menghalalkan segala cara. 

Tapi, yang perlu diingat, dewasa ini masyarakat sudah jauh semakin cerdas. Di era keterbukaan informasi ini, masyarakat dengan mudah membaca dan membedakan opini yang benar dan tidak.

Segencar apapun seorang politisi membentuk opini untuk menggambarkan citra politik yang diinginkannya, masyarakat tentu cerdas menilai. Jika citra politik yang ditampilkan jauh dari integritas yang sebenarnya, maka semuanya akan sia-sia belaka. 

Demikian pembahasan tentang integritas sebagai modal utama seorang politisi. Selain integritas sebagai modal utama, tentu saja harus ada tambahan modal-modal yang lain. Tetapi sebelum yang lain ada, miliki dulu yang utama. 

Dengan demikian, karir politik Anda akan tetap berkesinambungan. Integritaslah yang akan mempertahankan Anda tetap berada dalam rotasi politik sepanjang sejarah. [MK]

Ilustrasi : linkedin.com

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon