Kamis, 13 Juni 2013

[Liputan6.com] Meningkatkan Partisipasi Warga Di Citzen6

Prolog

Mencari berbagai informasi terkini adalah sebuah aktivitas rutin yang saya lakukan. Aktivitas ini sangat mendukung pekerjaan yang saya geluti di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Berbagai berita hari ini yang menarik bisanya akan menjadi topik obrolan saya dengan rekan sejawat sebelum melanjutkan aktivitas masing-masing.

Portal berita online tentu saja menjadi sasaran utama. Sembari menghabiskan secangkir kopi pagi, jemari sibuk mengarahkan kursor pada suguhan berita terkini. Salah satu portal berita online yang saya gemari adalah website berita terkini liputan6.com. Portal berita yang memiliki tagline “Aktual, Tajam dan Terpercaya” ini cukup familiar dengan saya. Sebab sejak dulu saya telah mendengar kata-kata itu kala menyimak berita Liputan6 di SCTV.

Saya selalu meburu berita terbaru di ragam halaman liputan6.com. Mula-mula mengunjungi sajian berita terkini di News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Healt, Foto, dan Video. Tak lupa mampir di Citizen6 untuk menyimak berbagai berita video kiriman warga.

Setelah sekian lama menikmati berbagai suguhan di portal berita terkini liputan6.com, saya ingin memberikan sedikit catatan terkait dengan ragam sajian.

Menambah Ruang Berita Teks di Citizen6

Menurut saya, Citizen6 sebagai ruang partisipasi warga sudah cukup baik. Namun selama ini saya melihat berita-berita yang disajikan oleh warga tersebut semuanya berita dalam format video. Menurut saya, akan lebih baik lagi bila pengelola portal berita terkini liputan6.com juga menyediakan ruang untuk berita dengan format teks dan foto.

Adapun dasar pertimbangan saya adalah, bahwa Citizen6 yang berbasis teks dan foto akan memberikan kemudahan kepada warga untuk turut berpartisipasi. Tidak semua warga familiar menggunakan teknologi video. Untuk menjadi berita yang baik, tentu saja video tersebut harus diedit dan diisi dengan suara yang menerangkan gambar dalam video tersebut.

Bila mengulas kembali vidoe berita yang terdapat dalam Citizen6, sebahagian berita video saya kira sangat baik dan informatif. Contohnya: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Gunakan Teknologi Tanpa Antri; Kepolisian Yogyakarta Harapkan Kerjasama Masyarakat; dan Kehidupan Di Balik Gemerlap Paris Van Java. Beberapa video berita tersebut tampaknya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pengunggahnya.

Di sisi lain, dalam Citizen6 juga terdapat video berita yang sebenarnya, dari segi judul dan video sangat menarik. Tapi sayang, kurang informatif. Video-video tersebut tidak disertai penjelasan yang memadai. Saya menduga, pengunggah terburu-buru ingin menyampaikan berita tanpa mengedit dengan menyertakan suara atau tulisan yang menjelaskan tentang video berita tersebut. Paling tidak, sebuah berita akan sempurna bila telah memenuhi unsur 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why dan Where).

Selain faktor terburu-buru, bisa juga disebabkan karena kesulitan mengedit video. Untuk menghindari informasi yang tak lengkap di atas, ada baiknya portal berita terkini liputan6.com juga memberikan ruang di citinzen6 bagi pengunggah berita teks disertai gambar. Menulis berita singkat yang memenuhi unsur 5w + 1h, tentu menjadi alternatif untuk mempermudah warga Citizen6. Dengan demikian akan semakin banyak warga yang mengambil bagian dalam ruang Citizen6.

Menambah Ruang Opini

Setiap pembaca atau pemirsa berita memiliki beragam pendapat dan pandangan terkait berbagai peristiwa yang terjadi. Akan lebih baik jika portal berita terkini liputan6.com memberikan ruang untuk memenuhi hasrat berpendapat dan mengemukakan pikiran kepada pembaca/pemirsanya. Ruang berpendapat ini tentu akan membuat pembaca/pemirsa merasa mendapt tempat yang lapang. Partisipasi warga akan semakin meningkat, sebab akan merasa menjadi bagian dari portal berita terkini Liputan6.com.

Usulan saya, ruang opini ini dibagi menjadi dua. Pertama, ruang opini untuk yang berdiri sendiri, sejajar dengan menu sajian News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Healt, Foto, dan Video. Ruang opini ini disediakan untuk para pakar dan profesional yang telah teruji di bidangnya masing-masing. Sebelum teks opini ini dimuat, tentu editor portal berita terkini liputan6.com melakukan proses pengeditan dengan cermat.

Kedua, ruang opini yang mesuk dalam sub Citizen6. Ruang opini yang satu ini diperuntukan bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi. Siapa saja yang ingin mengemukakan pendapat dan pandangannya terkait suatu peristiwa atau fenomena di masyarakat. Setiap naskah yang masuk, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Isi opini tidak mewakili opini atau kebijakan redaksi portal berita terkini liputan6.com. Untuk itu, tidak perlu dilakukan pengeditan secara ketat. Cukup dengan menjadi member citizen6 dengan validasi indentitas yang akurat.

Menurut saya, ruang opini juga akan memberikan keuntungan secara tidak langsung kepada pihak pengelola portal seperti Liputan6.com. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya dan teman-teman saya yang menulis opini di beberapa media online akan melakukan sosialisasi tulisan tersebut. Linkpage tulisan tersebut akan dibagikan ke berbagai media sosial. Mulai dari akun facebook pribadi, grup dan halaman facebook komunitas, twitter, mailinglist, dan sebagainya. Dengan begitu, harapan saya potal berita terkini liputan6.com akan semakin familiar di berbagai kalangan.

Dengan mempertimbakan beberapa masukan tersebut di atas, saya berharap portal berita terkini liputan6.com akan menjadi ruang interaksi yang seimbang antara media dengan warga. Dengan begitu, portal berita liputan6.com yang selalu menghadirikan berita terkini, berita terbaru dan berita hari ini akan tetap menjadi pilihan utama pembaca/pemirsa. Portal berita terkini liputan6.com akan selalu melekat dalam ingatan. Seperti halnya tagline “Aktual, Tajam dan Terpercaya” yang telah menempati ingatan masyarakat Indonesia akan sebuah berita yang baik. Semoga.

Tulisan ini memenangkan lomba review portal berita Liputan6.com dengan predikat terbaik ketiga.

Gambar tampilan halaman depan Liputan6.com

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon