Kamis, 03 Januari 2013

Buku Pintar Mind Map

Contoh Maind Maping
Buku Mind Map ditulis Toni Buzan memberi gambaran jelas cara menyusun pikiran secara alami. Melalui ilustrasi gambar jejaring laksana sel otak, memudahkan kita mengingat segala pengalaman dan pengetahuan.

Buku Mind Map disusun ke dalam delapan bab. Bab pertama mengulas pengertian mind map. Bab kedua mengupas tentang pemahaman terhadap otak dan cara kerjanya. Bab ketiga membahas resep utama dari sukses. Bab empat bicara senam otak untuk kesuksesan mental. Bab kelima membahasa kebugaran fisik bagi kekuatan mental. Dan, bab keenam mungulas mind map untuk keberhasilan sehari-hari.

Di bagi pendahuluan buku ini menjelaskan, Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak – mind Map adalah cara mencatat kreatif, efektif, dan secara harafiah akan “memetakan” pikiran-pikiran kita. Wujud Mind Map juga sangat sederhana.

Kita bisa membandingkan mind map dengan peta kota. Pusat Mind Map mirip dengan pusat kota. Pusat Mind Map mewakili ide terpenting. Jalan-jalan utama yang menyebar dari pusat mewakili pikiran-pikiran utama dalam proses pemikiran kita, jalan-jalan sekunder mewakili pikiran sekunder, dan seterusnya. Gambar-gambar atau bentuk-bentuk khusus dapat mewakili area-area yang menarik atau ide-ide menarik tertentu.

Mind Map menggunakan kemampuan otak akan pengenalan visual untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Dengan kombinasi warna, gambar, dan cabang-cabang melengkung, Mind Map lebih merangsang secara visual daripada metode pencatatan tradisional, yang cenderung linear dan satu warna. Ini akan sangat memudahkan kita mengingat informasi Mind Map.

Selanjutnya dijelaskan, Mind Map dapat membantu kita untuk: Merencana; Berkomunikasi; Menjadi lebih kreatif; Menghemat waktu; Menyelesaikan Masalah; Memusatkan Perhatian; Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran; Mengingat dengan lebih baik; Belajar lebih cepat dan efisien; Dan melihat “gambar keseluruhan”.

Pada bagian Resep Utama Meraih Kesuksesan, buku Mind Map ini juga mengulas berbagai kisah sukses tokoh terkemuka yang tak berhenti berinovasi. Kisah sukses Bill Gates dengan microsof misalnya.

Microsoft adalah kisah sukses yang berkelanjutan dalam dunia bisnis. Bill Gates, pemilik Microsoft dan kepala programmer perangkat lunak, menyukai inovasi. Ia pemimpin yang inspirasional, dan telah membangun budaya perusahaan yang patut dicemburui yang seringkali menjadikan Microsoft memiliki angka tinggi dalam survei-survei tentang tempat kerja yang paling baik dan produktif di seluruh dunia.

Toni Buzan di bagian akhir buku Mind Map ini menulis bahwa seperti peta jalan, Mind Map akan membantu membawa Anda saat ini ke tempat yang Anda inginkan.

Seperti yang telah dapat kita lihat di sepanjang buku ini, mind map sangat efektif karena Mind Map bekerja bersama otak dan cara kerja alaminya: Mind Map adalah perwujudan fisik dari Mind Map pikiran dalam jaringan kerja yang luar biasa dan dramatis di dalam kepala Anda.

Singkatnya, Mind Map bekerja bersama rasa lapar otak terhadap imajinasi dan asosiasi. Inilah sebabnya Mind Map adalah suatu usaha kerja sama – dan petualangan – di antara apa yang terjadi dalam otak dan apa yang Anda curahkan ke kertas.

Seperti yang sekarang kita ketahui, tidak ada batas jumlah pikiran, ide, dan asosiasi yang bisa dibuat otak, yang berarti tidak ada batas dari cara Mind Map membantu kita.

Toni Buzan juga mendoakan semoga sukses dan semua kenikmatan dalam perjalanan Mind Map Anda bersama alam semesta otak.


Penulis : Toni Buzan; Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama; Cetakan kedelapan : April 2010; Alih Bahasa : Susi Purwoko; Desain Sampul : Sofnir Ali; Setting : Fitri Yunia

Ilustrasi :  mindmapsunleashed.com

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon