Rabu, 29 Agustus 2012

Manajemen Organisasi Pers Mahasiswa

Ilustrasi Media
Secara garis besar ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam pengaturan sebuah organisasi, tahapan-tahapan itu antara lain adalah sebagai berikut:

Tahap Perencanaan
Dalam tahapan ini yang perlu dilakukan oleh pengurus organisasi adalah bagaimana merumuskan maksud dan tujuan organisasi. Mereka harus menentukan apa yang harus dilakukan, kapan dan bagaimana harus melakukan serta siapa yang akan melalukannya.

Tahap Pengorganisasian
Pengorganisasian berarti menentukan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokkan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan kepada setiap anggota, penetapan departemen-departemen serta penentuan hubungan-hubungan.

Tahap Pengisian Jabatan
Pengisian jabatan adalah kegiatan yang dilakukan guna memperoleh anggota yang efektif yang akan mengisi jabatan yang kosong dalam organisasi tersebut. Adapun asas pengisian jabatan adalah : “ penempatan orang yang tepat pada jabatan yang tepat”.

Tahap Penggerakkan 
Penggerakka dilakukan jika perencanaa, pengorganisasian, dan pejabat sudah ada. Penggerakkan/pengomandoan dapat dilakukan untuk merealisir tujuan organisasi.

Tahap Pengawasan
Pengawasan adalah proses pemantauan prestasi dan mengambil tindakan agar terjamin pencapaian hasil yang diharapkan

Manajemen Lembaga Pers Mahasiswa

Pada dasarnya setiap organisasi baik itu organisasi besar maupun organisasi kecil mempunyai kesamaan dalam hal sistem manajemennya. Karena sekarang kita sedang berbicara tentang menajemen LPM maka, saya memberikan sebuah contoh sistem manajemen LPM seperti yang diterapkan dalam LPM Kertha Aksara (K. A). Ada beberapa proses yang dilakukan dalam LPM Kertha Aksara, antara lain adalah :

Rapat Umum Anggota (RUA)
Rapat Umum Anggota (RUA) merupakan sebuah forum tertinggi dalam LPM Kertha Aksara dimana arah kebijakan organisasi ke depan ditentukan di sini. Forum ini bisa berarti sebagai sebuah tahapan perencanaan yang dilakukan oleh K. A. Dalam RUA selain memilih sorang Pemimpin Umum (PU), juga dipilih dua orang dua oranng mide formatur yang akan membantu seorang PU dalam menyusun kelengkapan perangkat organisasi dan mempertimbangkan person-person yang akan menduduki jabatan tertentu.

Kelengkapan struktur organisasi yang akan dibentuk selalu mempertimbangankan asas efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan dan target yang ditentukan.

Setelah perangkat pengurus organisasi dibentuk, tahap selanjutnya adalah pengurus melakukan Rapat Kerja untuk menyususn program kerja.

Kelengkapan struktur K.A masa bakti 2003 –2004 :

Pemimpin Umum, merupakan puncak pimpinan dalam lembaga pers yang berugas dan bertanggungjawab atas segala kegiatan maupun lembaga yang dipimpin.

Sekretaris Umum, bertugas dan bertanggung jawab atas segala ursan kesekretariatan dan administrasi organisasi. Dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh dua sub bagian yaitu sub bagian inventaris dan kerumahtanggaan.

Bendahara Umum, bertugas dan bertanggungjawab dalam hal keuangan organisasi. Seorang Bendum tidak selalu diartikan sebagai bank berjalan yang bertugas sebatas mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan. Tetapi, seorang bendum berhak memberikan pertimbangan-pertimbangn kepada PU maupun bagian lain atas rencana kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan kemampuan keuangan yang dimiliki organisasi.

Redaksi, bagian ini merpakan bagian yang mutlak harus dimiliki oleh organisasi . dipimpin oleh seorang Pemimpin Redaksi dibantu oleh dua orang Redaktur Pelaksana dan di bawahnya lagi dibantu oleh staf redaksi dan para reporter.

Kaderisasi dan pengembangan SDM, bagian yang satu ini bertugas dan bertanggungjawab atas peningkatan SDM baik dalam hal skill jurnalistik maupun peningkatan wawasan anggota. Selain itu juga bertanggung jawab atas proses regenerasi anggota. Dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh dua sub bagian yaitu, sub bagian kaderisasi dan up greading.

Sirkulasi dan Usaha, bagian ini bertugas dan bertanggungjawab atas kelancaran pendistribusian media yang diterbitkan dan menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk kelangsungan jalannya organisasi.

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon