Senin, 20 Agustus 2012

Kurnia Auto Body Repair

Ilustrasi Mobil Offroad
Seni Merakit Mobil Offroad

Nama Rizky Trisnayadi cukup familiar di telinga para offroader Indonesia. Kegemarannya pada mobil jenis jeep sejak duduk di bangku SMA telah mengantarkan suami Melinda ini ke berbagi medan kejuaraan offroad. “Kebetulan ayah dan paman saya penggemar fanatik mobil jeep, hal inilah yang menular pada diri saya,” Kata Rizky menjelaskan.

Kegemaran itu pula yang mendekatkan Rizky pada mesin jeep, sebab tidak semua mekanik mobil paham dengan mesin jeep. Kerena itulah, Rizky harus bisa mengatasinya. Perlahan-lahan alumni SMA Swastiastu Denpasar ini mempelajari mesin jeep. Tahun 1988 ia memberanikan diri membuka bengkel jeep dengan nama Kurnia Auto di Jalan Tukad Yeh Aya 23, Denpasar. Awalnya sekedar untuk memperbaiki jeep koleksinya. Selanjutnya Rizky kewalahan menerima titipan mobil jeep dari teman-temannya untuk diperbaiki.

Selain sibuk mengurus bengkel jeep miliknya, Rizky tergabung dalam Bali Offroad Cummunity. Disana ia menjadi pengurus dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2008. Sekarang Rizky menjadi pengurus Indonisian Offroad Federation untuk Pengurus Daerah Bali. Jumlah anggota yang tergabung dalam BOC sendiri sampai saat ini mencapai ratusan mobil. Masih banyak yang belum bergabung. Setiap tahun BOC menyelenggarakan tiga event kejuaraan dan satu event jambore.


Pengalaman Rizky selama puluhan tahun bergelut di dunia mesin jeep menantang dirinya untuk menciptakan sebuah inovasi baru. Kurnia Auto kini menyediakan jasa perakitan mobil offroad untuk memenuhi mimpi para offroader akan sebuah mobil desain perkasa.

Harga mobil tangguh rakitan Rizky berkisar 50 – 100 juta rupiah. Harga tergantung mesin dasar dan desain yang diinginkan oleh pemesan. Selain itu fluktuasi mata uang Rupiah terhadap Dollar juga mempengaruhi harga, sebab Rizky mengimport sebagian besar suku cadang yang digunakan.

Pembayaran dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan pengadaan dan pengerjaan yang dilakukan. Rata-rata Rizky merakit 10 sampai 12 mobil offroad setiap tahun. Kalau dulu Rizky hanya menerima order dari offroader Bali, sekarang jangkauan pasarnya semakin meluas, telah menembus Pulau Jawa dan Lombok.

Mengenai surat-surat kendaraan, Anda tak perlu khawatir. Sebab semua produk rakitan Rizky dilengkapi dengan STNK. Kok bisa? Yah, sebab untuk merakit sebuah mobil offroad, Rizky menggunakan bahan dasar mesin mobil lama seperti mesin Cherokee, Wheleer, Jimny, Taft, Land Rover dan lain-lain. Meski body dan mesin telah dirombak sedemikian rupa, namun tetap menggunakan nomor mesin lama.

Event kejuaraan merupakan ajang promosi mobil offroad rakitan Rizky. Disanalah tempat berkumpulnya para offroader. Disana pula menjadi arena untuk mengadu ketangguhan mobil. Selama ini mobil rakitan Rizky tergolong baik. Tidak pernah ada komplin dari pemesan. Hal inilah yang melejitkan nama Rizky sebagai perakit mobil offroad yang tangguh. Setelah event, Rizky biasanya kebanjiran order perakitan mobil.

Untuk membatu kelancara usahanya, Rizky menerapkan sistem manajemen sederhana. Terdiri dari bagian administrasi, kepala bengkel dan sepuluh orang mekanik. Meraka digaji per bulan oleh manajemen selain bonos saat kebanjiran order. Rizky optimis dengan usaha yang dijalaninya.

“Saya memprediksikan bisnis ini punya prospek yang cukup baik, sebab dari hari ke hari permintaan mobil offroad rakitan semakin meningkat. Mobil jenis ini tidak hanya digunakan oleh mereka yang sering turun ke arena offroad, tetapi juga dikendarai oleh mereka yang menyukai gaya sporty. Mereka datang dari berbagi kalangan dan lintas profesi. Memiliki mobil gaya sporty sudah menjadi gaya hidup untuk menunjukan selera dan jiwa pemiliknya,” tutur Rizky optimis.

Prediksi ayah dua anak ini beralasan, pasalnya tidak semua bengkel mobil menguasai mesin jeep. Tak heran jika Rizky memperluas usahanya dengan menambah bengkel serupa di Jalan Gunung Salak, Denpasar. Perluasan bidang usaha serupa juga dilakukan Rizky dengan usha Rent Car. Kini terdapat sepuluh mobil berbagai jenis yang selalu siap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.


(Tulisan dimuat di Majalah Bisnis M&I)

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon