Kamis, 05 Juli 2012

Pelatihan Environmentalist

Peserta Pelatihan
Muda, Kreatif dan Peduli

Pemanasan Global tidak memiliki sebuah solusi sederhana, tapi jika kita semua melakukan perubahan kecil dengan gaya hidup kita, lama-lama pasti akan menimbulkan hasil. Sebuah apaya kecil dilakukan oleh Sahabat Walhi (SAWA) Bali dengan membagi-bagi kesadaran terhadap lingkungan kepada para sahabat lain melalui Pelatihan Environmentalist Muda (PEM).

Acara yang dilaksanakan di sekretariat WALHI Bali pada tanggal 22 november 2009 yang lalu diikuti oleh 20 sahabat muda. PEM telah menjadi kegiatan rutin 3 bulanan yang diagendakan oleh WALHI Bali dan SAWA Bali.. “Kegiatan PEM yang dilaksanakan selama ini mendapat respon positif dari peserta. Mereka berasal dari beragam latar belakang. Ada yang karyawan swasta, mahasiswa, pelajar dan bahkan ibu rumah tangga,” jelas Yoga Sastrawan, Kepala Divisi Penggalangan Sumber Daya Walhi Bali disela-sela kesibukannya menyiapkan materi pelatihan.

Pernyata Yoga beralasan, kerena setiap pelaksanaan PEM tidak pernah sepi dari peserta yang mendaftar. Total peserta yang telah mengikuti PEM tahun 2009 saja telah mencapai 135 peserta.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini karena melalui pelatihan ini saya medapat tambahan pengetahuan tentang lingkungan, mendapat banyak kawan. Cara penyampaian materi juga sangat menarik, kita tidak merasa digurui tetapi lebih banyak menggali dari pengalaman kita sediri,” tutur Andre, salah seorang peserta yang kesehariannya bekerja sebagi karyawan swasta di perusahaan instalasi listrik.

Pelatihan menggunakan sistem berantai. Caranya, anggota SAWA yang telah mendapat pelatian sebelumnya akan menjadi fasilitator pada pelatihan berikutnya. Tujuannya untuk melatih kemampuan sahabat lama dalam penguasaan materi dan melatih kemampuan berbicara di depan umum.

Materi yang diberikan diantaranya adalah Pendidikan Dasar Lingkungan, Isu Lingkungan, Kepemimpinan dan Harapan. Di akhir kegiatan PEM diisi dengan perencanaan dan langkah konkrit untuk penyelamatan lingkungan secara dini. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta PEM terbuka kesadarannya kemudian berperan aktif dalam menjaga lingkungan di manapun mereka berada. Semoga!

Comments
0 Comments

Terimakasih telah berkomentar di Blog saya. Setiap kata yang sobat tinggalkan adalah jejak pencerahan peradaban. Jabat erat.
EmoticonEmoticon